7 Cara Mencegah Jerawat Pada Wajah yang Berminyak

Cara Mencegah Jerawat Pada Wajah yang Berminyak – Wajah berminyak merupakan kondisi yang menyebabkan wajah rentan berjerawat. Debu lebih mudah menempel ke wajah serta minyak yang menutupi pori-pori menyebabkan kotoran sulit keluar sehingga menyebabkan wajah mudah berjerawat. Wajah berminyak memang memerlukan perawatan khusus termasuk jika terjadi jerawat didalam kondisi wajah tersebut. Merawat wajah berjerawat pada wajah berminyak cukup mudah. Bahan-bahan alami sangat disarankan dalam perawatannya.

Wajah berminyak dan berjerawat merupakan tipe wajah sensitif sehingga jika menggunakan bahan kimia sangat dikhawatirkan menyebabkan kulit wajah lebih sensitif. Selain itu rutin membersihkan wajah sangat penting untuk menepis debu yang melekat dipermukaan kulit. Perawatannya cukup mudah dengan memanfaatkan beberapa bahan disekitar kita sebagai maskernya. Berikut ini beberapa cara mencegah jerawat pada wajah berminyak hingga sembuh yang bisa anda coba.

Tips Mencegah Jerawat Untuk Wajah Berminyak

Cara Mencegah Jerawat Pada Wajah yang Berminyak

1. Masker mentimun

Mentimun merupakan bahan yang mampu menyerap kandungan minyak pada wajah. Produksi minyak bisa terkontrol dengan masker mentiumun. Selain itu didalamnya terdapat zat alami yang baik mengempiskan jerawat. Cara pertama mentimun yang diiris bulat ditempelkan pada area wajah kemudian diamkan 15 menit. Atau gunakan mentimun yang telah dihaluskan untuk masker wajah yang berjerawat.

Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mentimun

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan mampu mengecilkan por-pori dan mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Untuk wajah yang berjerawat dan berminyak jeruk nipis adalah bahan yang tepat mengatasi jerawat secara alami. selain itu jeruk nipis merupakan bahan alami yang mampu meremajakan kulit wajah anda sehingga nampak lebih segar. Balurkan wajah dengan air perasan jeruk nipis dan lakukan secara teratur.

3. Air mawar

Air mawar memiliki astringent alami yang dipercaya menyegarkan area wajah anda. air mawar sangat cocok untuk merawat wajah berjerawat akibat kelebihan minyak. Rendam mawar dengan air secukupnya semalaman. Dan pada pagi hari anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk cuci muka. Selain itu air mawar juga cocok sebagai toner alami penghapus sisa makeup khusus untuk wajah berminyak sehingga produksi minyak pada wajah bisa terkontrol.

4. Masker tanah liat

Gunakan masker tanah liat sebagai perawatan wajah berjerawat karena kelebihan minyak. Masker tanah liat berfungsi menyerap kelebihan minyak pada wajah. Selain itu tanah liat memiliki efek mendinginkan yang bermanfaat mencegah radang akibat jerawat. Tambahkan beberapa tetes air lemon pada tanah liat kemudian setelah menjadi pasta gunakan untuk masker alami wajah anda. bilas dengan air bersih.

Masker tanah liat

5. Pilih kosmetik yang tepat

Wajah berminyak memerlukan kosmetik yang tepat untuk perawatannya. Jika berjerawat jangan langsung mengempiskannya namun gunakan kosmetik dan masker wajah yang tepat agar wajah tidak berlubang atau meninggalkan bekas jerawat. Sebaiknya jangan menggunakan bahan perawatan scrub karena akan menyebabkan wajah mudah terluka. Gunakan kosmetik dengan kandungan anti minyak serta memiliki tekstur yang lembut.

6. Hindari Memencet Jerawat

Jika jerawat sudah tumbuh pada bagan wajah Anda, hindari untuk memncet atau memainkan jerawat. Hal tersebut bisa berdampak pada tumbuhnya jerawat baru atau jerawat yang dipencet tersebut menjadi lebih parah.

7. Jangan Menggosok Wajah

Setelah membersihkan wajah, banyak orang yang menggosok-gosok keras wajah dengan handuk untuk mengeringkan wajah. Hal ini tentu bisa membuat jerawat pada wajah berminyak semakin parah. Sebisa mungkin keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk secara perlahan wajah dengan handuk.

Baca Juga Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Itulah beberapa tips mencegah jerawat untuk wajah berminyak. Gunakan pelembab yang cocok untuk kondisi kulit wajah anda agar kondisi wajah berminyak tetap mendapatkan perawatan maksimal.