Resep Pewarnaan Rambut Alami Menggunakan Henna

Resep Pewarnaan Rambut Alami Menggunakan Henna – Mewarnai rambut bisa dilakukan dengan berbagai cara. Henna merupakan pilihan tepat bahan pewarna alami yang aman. Banyak kasus salah memilih cat rambut yang menyebabkan efek samping bahkan kematian karena reaksi zat kimia yang tidak mampu diterima tubuh. hal ini menyebabkan anda mesti ekstra hati-hati memilih pewarna rambut. Jika ingin mewarnai rambut jangka pendek dan tetap aman maka henna menjadi pilihan yang tepat. Mewarnai rambut dengan henna mudah dilakukan.

Anda bisa mencampurkan berbagai bahan alami lainnya sehingga warna yang didapat lebih beragam. Selain itu menggunakan henna sebagai pewarna rambut bisa digunakan laki-laki maupun perempuan. Namun jangan menggunakan campuran bahan kimia ketika meracik henna untuk pewarna rambut serta pilih henna yang bebas campuran kimia berbahaya. Jika anda berminat memilih henna untuk merawat rambut anda berikut ini ulasan caranya yang bisa anda coba.

Cara Mewarnai Rambut Menggunakan Henna

Resep Pewarnaan Rambut Alami Menggunakan Henna

  1. Pilih Henna Murni

Sebagian besar henna dipasaran telah dicampur zat tambahan sehingga memiliki warna yang tidak terlalu terang. Sebaiknya jangan menambah zat apapun sebagai campurannya karena akan mengurangi kemurniannya. Umumnya henna yang alami memiliki warna hijau dan coklat serta aroma tanaman kering sangat kuat. Jika anda menderita alergi parah lakukan pengujian terlebih dulu dengan mengoleskannya ke area kulit anda dan perhatikan reaksi yang terjadi.

  1. Kenali warna henna yang dibutuhkan

Henna yang murni hanya menghasilkan warna merah. Jika warna yang dihasilkan adalah hitam maka henna tersebut mengandung campuran kimia. Tetapkan warna apa yang anda inginkan dan jika anda ingn memiliki warna rambut yang lebih terang gunakan henna beberapa kali agar warnanya kian kuat.

Baca Juga Tips Cara Mengurangi Rambut Rontok Secara Alami

  1. Bahan yang diperlukan

Bahan yang diperlukan tergantung warna apa yang anda inginkan. Jika ingin warna pirang gunakan tambahan perasan air lemon dan cuka. Jika ingin warna kecoklatan tambahkan kopi atau teh hitam sebagai air untuk membuat pasta henna. Air putih juga cocok digunakan jika ingin mendapatkan warna asli dari henna. Selain itu perasan lemon mampu mengoksidasi warna sehingga nampak lebih cantik. Yang diingat jangan mencampur henna dengan bahan kimia yang akan merusak nutrisi dan bahan alami dari henna tersebut.

  1. Campurkan henna

Gunakan mangkuk berbahan keramik atau tanah liat kemudian tambahkan henna dengan bahan campuran seperti yang disebutkan diatas. Campur hingga kepadatannya berkurang. Lebih baik menggunakan sarung tangan untuk menyeka rambut anda ketika proses mewarnai. Balurkan henna secara merata keseluruh permukaan rambut anda.

  1. Proses pewarnaan

Setelah dibalur dengan henna, bungkus rambut dengan plastik rambut kemudian tunggu beberapa saat. Jika ingin hasilnya lebih baik gunakan semalaman. Henna yang sudah berekasi akan berubah warna dan mengering. Hal ini menandakan proses pewarnaan sudah selesai dan anda bisa membilas rambut dengan air dingin.

Baca Juga 10 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya Secara Alami

Demikian proses pewarnaan rambut menggunakan henna yang mudah. selamat mencoba dan semoga menambah referensi anda dalam mendapatkan pewarna rambut yang alami.